Tarian Bali

Seperti yang telah kita ketahui Indonesia kaya akan seni dan budaya tradisional yang beraneka ragam. Mulai dari seni tari, pakaian daerah, seni rupa, lagu daerah, wayang dan masih banyak lagi. Salah satu kebudayaan Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara adalah Tarian Bali. Tapi tahukah kalian kalau tarian di Bali itu dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

Tarian Wali, yaitu seni tari pertunjukan sakra, yaitu fungsinya sebagai pelengkap pelaksana dalam upacara keagamaan yang dilakukan di Pura dan tempat-tempat yang ada hubungannya dengan upacara agama. Jenis-jenis tarian Wali seperti Sang Hyang Dedari, Sang Hyang Jaran, Tari Rejang, Tari Baris dan Tari Janger.

tarian janger

Tarian Bebali, yaitu seni tari pertunjukan tetapi juga masih berfungsi sebagai pengiring upacara/upakara di Pura atau di luar pura dan pada umumnya memakai lakon. Jenis-jenis tarian Bebali seperti Tari Topeng dan Gambuh.

tarian topeng sidakarya

Tarian Balih-Balihan, yaitu seni tari untuk hiburan pengunjung. Seni tari ini yang tidak tergolong sebagai tari wali ataupun tari bebali. Jenis-jenis tarian Balih-Balihan seperti Tari Legong, Drama Gong, Barong, Tari Pendet, Tari Kecak dan Calon Arang.

tarian barong

Nah sekarang kalian sudah tahu kan kalau fungsi tiap tarian di Bali itu berbeda-beda?

Sumber:
Wikipedia
forumgunturnet.blogspot.com

Gambar:
tarian janger
tarian topeng sidakarya
tarian barong

About teamtwoart

this blog was made for final project, so please support us!
This entry was posted in Seni dan Budaya and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment